MAKALAH
“SISTEM REM”
Disusun Oleh :
Sobari Sopyan
Yusuf Kamil
Tony Hermawan
Yanti Sarmila
Wahyu Hafiz
Sakinan
Warja Wijaya
Riki Ricardo
Suherman
Supardi
Syaripudin
Udin Syaripudin
Kelas XI TSM 1
SMK NEGEI 1 TIRTAJAYA
KATA
PENGANTAR
Puji syukur penulis ucapkan kehadirat Tuhan yang Maha Esa, karena atas
rahmat dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan penyusunan makalah
yang berjudul “Makalah Sistem Rem” yang merupakan Salah satu tugas dari Mata Pelajaran Otomotif
Penulis menyadari betul bahwa isi makalah ini masih jauh dari sempurna,
untuk itu penulis sangat mengharapkan adanya kritik dan saran yang bersifat
membangun sebagai penyempurnaan makalah ini, sehingga dikemudian hari makalah
ini dapat bermanfaat bagi pihak yang membaca, seiring dengan itu, penulis
mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu selesainya
makalah ini.
Pisangsambo, September
2015
Penyusun
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR...................................................................................................... i
DAFTAR ISI.................................................................................................................... ii
BAB I PENDAHULUAN............................................................................................... 1
A.
Latar
Belakang ..................................................................................................... 1
B.
Maksud
dan Tujuan.............................................................................................. 1
BAB
II LANDASAN TEORI......................................................................................... 2
A. Pengertian Rem..................................................................................................... 2
B.
Fungsi
Rem........................................................................................................... 2
C.
Prinsip
Rem........................................................................................................... 2
D.
Jenis-jenis
Rem..................................................................................................... 2
E.
Nama-nama
Bagian Rem...................................................................................... 4
F.
System
Rem.......................................................................................................... 6
G.
Prinsip
Rem........................................................................................................... 6
H. Tipe Rem............................................................................................................... 7
BAB
II PENUTUP.......................................................................................................... 8
A. Kesimpulan........................................................................................................... 8
B.
Saran..................................................................................................................... 8
DAFTAR
PUSTAKA...................................................................................................... 9
PENDAHULUAN
A. Latar belakang
Perkembangan
negara industri dapat maju pesat karena dipengaruhi oleh adanya hasil teknologi
yang tinggi dimana komponen-komponen mesin memiliki kualitas yang baik dan
memenuhi standar, baik dari segi komponen maupun umur penggunaan yang tahan
lama. Mobil adalah satu kesatuan terdiri dari berbagai komponen yang menyatu,
disebut dengan kendaraan. Masing-masing adalah mesin, chasis dan pemindah daya,
listrik dan aksesoris. Penemuan alat-alat modern dan otomatis membawa
manusia ketingkat kenyamanan yang lebih tinggi. Dan perkembangan teknologi
tersebut juga berpengaruh dalam bidang otomotif, sebagai contoh kendaraan model
dahulu dalam pengoperasiannya masih menggunakan manual, namun pada kendaraan
model sekarang dalam pengoperasiannya sudah banyak yang menggunakan otomatis
misalnya: sistem power window, sistem rem Antilock Brake System (ABS)
dan juga pada sistem pemindah daya (power train).
B. Maksud dan tujuan
Dalam pembahasan makalah sistem rem angin ini kami
sangat berharap apa yang ada pada makalah ini dapat terapkan dalan kehidupan
kita sehari-hari, dan dalam makalah ini berisi juga tentang bagaimana cara
proses kerja beserta gambar yang mungkin membuat siapa pun yang membaca bisa
lebih mudah memahami tentang pembahasan sisitem rem angin ini, ini pun sengaja
kami buat agar kami ataupun yang membaca dapat dengan mudah menerapkannya dalam
kehidupan sehari-hari karena memang gambar tersebut kami buat semudah-mudahnya
untuk dipahami.
BAB II
LANDASAN TEORI
A. Pengertian Rem
Rem adalah suatau bagian Kendaraan yang Peranannya
sangat penting dalam sistem mesin, misalnya pada mesin mobil, sepeda motor,
mesin cuci, dan sebagainya. Selain itu rem juga mempunyai kelemahan yaitu rem
sering mengalami blong, hal ini diakibatkan karena pemeliharaan yang
kurang rutin dan penyebab terjadinya rem blong yaitu pad rem habis (aus),
minyak rem habis, dan terjadinya kebocoran pada seal piston rem, master rem,
ataupun pada selang remnya, maka dari itu pemeliharaan rem harus sangat
diperhatikan.
B. Fungsi Rem
Rem berfungsi untuk mengurangi kecepatan
(memperlambat) dan menghentikan kendaraan serta memberikan kemungkinan dapat memparkir
kendaraan ditempat yang menurun.
C. Prinsip Rem
Kendaraan tidak dapat berhenti dengan segera apabila
mesin dibebaskan (tidak dihubungkan) dengan pemindahan daya. Kendaraan
cenderung tetap bergerak Kelemahan ini harus dikurangi dengan maksud untuk menurunkan
kecepatan gerak hingga berhenti.Mesin merubah energi panas menjadi energi
kinetis (energi gerak) untuk menggerakkan kendaraan.Sebaliknya rem merubah
energi kinetis kembali menjadi energi panas untuk menghentikan
kendaraan.Umumnya rem bekerja disebabkan oleh adanya sistem gabungan penekanan
melawan sistem gerak putar. Efek pengereman (breaking effect) diperoleh
dari adanya gesekan yang ditimbulkan antara dua obyek.

D.
Jenis-jenis rem.
1.
REM CAKRAM

Mobil modern kebanyakan telah menerapkan piranti yang
satu ini. Biasanya piranti seperti ini dapat ditemukan pada roda kendaraan baru
sehingga dalam setiap penggunaannya menjadi maksimal dan terarah.Rem cakram
menjadi salah satu sistem pengereman modern terbaik pada mobil dan ideal untuk
diterapkan pada setiap mobil, terutama yang telah memakai mesin berkapasitas CC
besar. Sistem kerja rem cakram adalah dengan menjepit cakram yang biasanya
dipasang pada roda kendaraan melalui caliper yang digerakkan oleh piston untuk
mendorong sepatu rem (brake pads) ke cakram.
a.
Kelebihan rem cakram
Rem cakram
dapat digunakan dari berbagai suhu, sehingga hampir semua kendaraan menerapkan
sistem rem cakram sebagai andalanya. selain itu rem cakram tahan terhadap
genangan air sehingga pada kendaraan yang telah menggunakan rem cakram dapat
menerjang banjir.Kemudian rem cakram memiliki sistem rem yang berpendingin
diluar (terbuka) sehingga pendinginan dapat dilakukan pada saat mobil melaju,
ada beberapa cakram yang juga dilengkapi oleh ventilasi (ventilatin disk) atau
cakram yang memiliki lubang sehingga pendinginan rem lebih maksimal
digunakan.Kegunaan rem cakram banyak dipergunakan pada roda depan kendaraan
karena gaya dorong untuk berhenti pada bagian depan kendaraan lebih besar
dibandingkan di belakang sehingga membutuhkan pengereman yang lebih pada bagian
depan. Namun saat ini telah banyak mobil yang menggunakan rem cakram pada
keempat rodanya.
b.
Kekurangan rem cakram
Rem cakram yang sifatnya terbuka memudahkan debu dan
lumpur menempel, lama kelamaan lumpur(kotoran) tersebut dapat menghambat
kinerja pengeraman sampai merusak komponen pada bagian caliper, seperti piston
bila dibiarkan lama. Oleh sebab itu perlu dilakukan pembersihan sesering
mungkin.
2.
Rem tromol

Rem
Tromoltahan lama karena adanya tempat gesekan yang lebar diantara sepatu dan
tromol, tetapi penyebaran panas agak lebih sulit dibanding dengan rem piringan
karena mekanismenya yang agak tertutup. Karena itu rem tromol hanya dipakai
pada roda – roda belakang yang tidak begitu banyak memerlukan tenaga
pengereman.
a. Kelebihan rem tromol
Rem tromol digunakan untuk kendaraan yang memerlukan kerja ekstra dalam
pengereman contoh : kendaraan operasional seperti bis, truk, minibus, dan
sebagainya. Jadi rem tromol dapat digunakan pada beban angkut yang berat (heavy
duty) dengan bekerja secara maksimal.
b.
Kekurangan rem tromol
Rem tromol yang masih menerapkan sistem tertutup dalam prosesnya. Dengan
sistem ini membuat partikel kotoran pada ruang tromol tersebut. Jadi untuk
perawatan membersihkannya harus membuka roda agar rumah rem dapat dibersihkan dari
debu atau kotoran. Pada saat banjir air akan mengumpul pada ruang
tromol sehingga air akan menyulitkan sistem rem untuk bekerja, jadi setelah rem
tromol menerjang banjir, maka harus mengeringkannya dengan menginjak
setengah rem saat melaju sehingga bagian dalam rem tromol kering karena panas
akibat gesekan, setelah itu rem dapat digunakan kembali.
E. Nama-nama bagian rem
1. Rem Cakram
a.
Fungsi-fungsi Bagian Rem
Cakram
1)
Piringan rotor , Untuk menjamin pendiginan yang baik
2)
Selang rem, Untuk jalurnya fluida atau minyak rem
3)
Plat pengatur pad, Untuk menahan rem
4)
Plat momen, Penahan silinder agar tidak jatuh
5)
Pad rem, Untuk menghentikan piringn rotor yang sekaligus menghentikan
kendaran
6)
Pegas penahan pad, Untuk menahan pad rem agar tidak goyang atau pad rem
tidak lepas karena tergajal
7)
Pegas anti berisik, Agar pada saat pengereman berlangsung pad rem tidak
berisik
8)
Shim anti cicit, Untuk menganjal pad rem pada silinder rem agar yidak lepas
9)
Silinder rem, Sebagai wadah dari pad rem
2. REM TROMOL
a. Fungsi-fungsi bagian Rem Tromol
1)
Plat penahan dipasang pada rumah as belakang bertugas menahan silinder roda
dan sepatu rem bagian yang tidak berputar;
2)
Silinder roda menekan sepatu rem pada tromol dengan tekanan hidrolis master
silinder;
3)
Pegas pembalik sepatu menarik sepatu rem ke posisi semula untuk
membebaskannya dari tromol sesaat injakan pedal dilepaskan;
4)
Sepatu rem ditekan terhadap bagian dalam tromol;
5)
Pen pegas penahan sepatu
6)
Tromol rem yang dipasang pada poros as, berputar bersama – sama roda;
7)
Tuas sepatu rem tangan menekan sepatu pada tromol;
8)
Tuas penyetel.
b. TIPE REM TRMOL
1. Tipe Rem Tromol
a)
Tipe Leading Trailing

Gambar 11.
Rem Tromol Tipe Leading Trailing
Pada tipe
ini terdapat satu wheel silinder dengan dua piston yang akan
mendorong bagian atas dari tromol rem. Leading shoe lebih
cepat aus dari pada trailing shoe.
b)
Tipe Two Leading
Tipe ini mempunyai dua wheel silinder yang
masing-masing memiliki satu piston. Keuntungan tipe ini yaitu : Saat kendaraan
maju kedua sepatu rem menjadi leading shoe sehingga daya
pengereman baik. Kerugian tipe ini : Saat kendaraan mundur kedua sepatu rem
menjadi trailing shoe sehingga daya pengereman kurang baik.

Gambar 12. Rem Tromol Tipe Leading Trailing
c)
Tipe Dual Two Leading
Tipe ini
mempunyai 2 silinder roda (wheel cylinder), yang masing-masing memiliki
2 buah piston, dan menghasilkan efek pengereman yang baik saat kendaraan maju
maupun mundur.

Gambar 13.Tipe Dual Two
Leading
d)
Tipe Uni-Servo
Tipe ini
mempunyai 1 wheel cylinder dengan 1
piston.Keuntungan : Saat kendaraan maju kedua sepatu rem
menjadi leading shoe sehingga daya pengereman baik. Kerugian :
Saat kendaraan mundur kedua sepatu rem menjadi trailing shoe sehingga daya
pengereman kurang baik.

Gambar 14.
Rem Tromol Tipe Uni-Servo
e)
Tipe Duo-Servo
Tipe ini
merupakan penyempurnaan dari tipe uni-servo yang mempunyai 1 wheel
cylinder dengan 2 piston.Gaya pengereman tetap baik tanpa terpengaruh
oleh gerakan kendaraan.

Gambar 15. Rem Tromol Tipe Duo-Servo
F.
Sistem Rem
Sistem rem dirancang untuk mengurangi kecepatan
(memperlambat) dan menghentikan kendaraan atau memungkinkan perkir pada tempat
yang menurun. Peralatan ini sangat penting untuk keamanan berkendaraan dan juga
dapat berhenti ditempat manapun, dan dalam berbagai kondisi dapat berfungsi
dengan baik dan aman.

G. Prinsip Rem
Kendaran tidak dapat berhenti segera apabila mesin
dibebaskan (tidak dihubungkan) dengan pemindah daya, kendaraan cenderung tetap
bergerak. Kelemahan ini harus dapat di kurangin dengan maksud menurunkan
kecepatan gerakan hingga berhenti. Mesin merubah energi panas menjadi energi
kinetik (energi gerak) untuk menggerakan kendaraan. Sebaiknya, rem bekerja
disebabkan oleh adanya sistem gabungan penekanan melawan system gerak putar.
Efek pengereman (breaking effect) diperoleh dari adanya gesekan yang
ditimbulkan antara dua objek.

Gambar 3.2 Prinsip Rem
H.
Type Rem
Rem yang dipergunakan pada kendaran bermotor dapat
digolongkan menjadi beberapa type tergantung pada penggunaannya.
a.
Rem kaki (foot
brake) digunakan untuk mengontrol kecepatan dan menghentikan kendaran.
b.
Rem parkir (parking
break) digunakan terutama untuk
memarkir kendaraan.
c.
Rem tanbahan
(auluxialy brake) digunakan pada kombinasi rem biasa (kaki) yang
digunakan pada truk diesel dan kendaran berat
d.
Engines break
digunakan ada kalanya untuk menurunkan kecepatan kendaraan, Beaking effect
(reaksi pengereman) ditimbulkan oleh tahanan putarn dari mesin itu sendiri,
tidak ada khusus yang diperlukan, untuk itu engine break tidak
diterangkan
1. Rem kaki

Rem kaki (foot break) di kelompokan menjadi dua
tipe,yaituh:
1. Rem
hidraulis (hydraulic break)
2. Rem panematik (peneumatic break)
Rem hidraulis lebih respond lebih cepat
dibanding tipe lainnya, dan juga konstruksinya yang khusus dan handal (superior
design flexibility). Dengan adanya keuntungan tersebut, rem hidraulis banyak
digunakan pada kendaran penumpang truk ringan.
Sistem rem panematik termasuk kompresor atau jenis
yang menghasilkan udara, udara yang bertekanan yang digunakan untuk menambah
daya pengereman. Tipe sistem rem ini banyak digunakan pada kendaran berat seperti
truk dan bus.
Cara kerja rem hidraulis sebagai berikut: rem
hidraulis menekan mekanisme rem dan menyalurkan tenaga rem, dan mekanisme
pengereman akan menimbulkan daya pengereman.
2. Rem Parkir

3.
Rem Tambahan
fungsi
utama rem adalah mengurangi putaran roda, bukan sebagai alat penghenti
kendaraan. Alhasil, masih banyak ditemukan mobil tanpa fitur ABS akan tetap meluncur
meskipun sudah menginjak rem. Ini bukan persoalan roda yang masih berputar,
tapi adanya gaya sentrifugal, yang berbanding lurus dengan kecepatan mobil
(semakin cepat mobil, semakin besar gaya sentrifugal).
BAB V
PENUTUPAN
A.
Kesimpulan
Dengan hasil Analisis Kami dan berdasarkan sunber yang
kami dapatkan selama membuat makalah ini bahwa dapat di simpulkan :
“Rem yaitu alat untuk mengurangi kecepatan
(memperlambat) dan menghentikan kendaraan atau untuk memungkinkan parkir pada
tempat yang menurun. Peralatan ini sangat penting pada keselamatan dan menjamin
untuk pengendaraan yang aman. Rem juga bias diartikan sebagai kebutuhan
sangat penting untuk keamanan berkendaraan dan juga dapat berhenti ditempat
manapun, dan dalam berbagai kondisi dapat berfungsi dengan baik dan aman”.
B.
Saran-saran
Adapun
saran-saran yang ingin Kami sampaikan sebagai berikut :
1.
Untuk
Keamanan Kontrol selalu Rem pada kendaraan anda
2.
Jangan
Sampai Kanvas Rem Melebihi batas maksimum pemakaian (Kampas rem tipis/tidak
layak pakai)
3.
Lakukan
Pengontrolan Rutin Pada Rem Anda
4.
Apabila Rem
Rusak segera perbaiki karna itu sangat berbahaya
5.
Hati-hati Di
Jalan Saat Berkendara
6.
SELAMAT BERKENDARA
DAFTAR PUSTAKA
Solihin.
Drs, Mulyadi. S.Pd., 2002 Perbaikan Chasis dan pemindahan tenaga, SMK.
Tingkat 2, Bandung, CV. ARMICO.
Toyota Astra
Motor 1995, New Step I Training Manual, Jakarta PT. TAM Training
Center.
http://www.slideshare.net/triaduga/petunujk-penulisan-makalah
Dapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Bermain Poker Online di www , SmsQQ , com
BalasHapusKeunggulan dari smsqq adalah
*Permainan 100% Fair Player vs Player - Terbukti!!!
*Proses Depo dan WD hanya 1-3 Menit Jika Bank Tidak Gangguan
*Minimal Deposit Hanya Rp 10.000
*Bonus Setiap Hari Dibagikan
*Bonus Turn Over 0,3% + 0,2%
*Bonus referral 10% + 10%
*Dilayani Customer Service yang Ramah dan Sopan 24 Jam NONSTOP
*Berkerja sama dengan 4 bank lokal antara lain : ( BCA-MANDIRI-BNI-BRI )
Jenis Permainan yang Disediakan ada 8 jenis :
Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar 66
Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami Di :
BBM: 2AD05265
WA: +855968010699
Skype: smsqqcom@gmail.com
bosku minat daftar langsung aja bosku^^
Sangat membantu
BalasHapus