MAKALAH TIK
HARDWARE & SOFTWARE
Disusun Oleh :
Kelompok 6
Anggota :
Nirah
Siti Komariah
Nuryati
Kelas VII B
SMP SATAP 1 TIRTAJAYA
TAHUN 2015
KATA
PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa.
Bahwa kami masih diberikan nikmat sehat, sehingga kami dapat menyelesaikan
makalah kami yang berjudul “Hardware & Software”
Walaupun
makalah kami belum sempurna tetapi kami merasa bangga terhadap hasil yang
dicapai. Mudah-mudahan makalah sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca.
Kritik yang membangun sangat kami harapkan untuk perbaikan pembuatan makalah
selanjutnya. Terimaksih
Karawang, Mei 2015
Penyusun
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah
data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan
untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika,
dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada
mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif
berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk
banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.
Dalam arti seperti itu terdapat alat seperti slide
rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua
komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti
luas seperti "komputer" adalah "yang mengolah informasi"
atau "sistem pengolah informasi." Selama bertahun-tahun sudah ada beberapa
arti yang berbeda dalam kata "komputer", dan beberapa kata yang
berbeda tersebut sekarang disebut disebut sebagai komputer.
Kata computer secara umum pernah dipergunakan untuk
mendefiniskan orang yang melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa
mesin pembantu. Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata tersebut
digunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk "orang
yang menghitung" kemudian menjelang 1897 juga digunakan sebagai "alat
hitung mekanis". Selama Perang Dunia II kata tersebut menunjuk kepada para
pekerja wanita Amerika Serikat dan Inggris yang pekerjaannya menghitung jalan
artileri perang dengan mesin hitung.
Charles Babbage mendesain salah satu mesin hitung
pertama yang disebut mesin analitikal. Selain itu, berbagai alat mesin
sederhana seperti slide rule juga sudah dapat dikatakan sebagai komputer.
B.
Rumusan
Masalah dan Batasan masalah
a. Rumusan
masalah
Berdasarkan
latar belakang di atas, maka penulis dapat merumuskan masalah dalam bentuk
pertanyaan sebagai berikut :
1. Bagaimana
gambaran bentuk perangkat komputer ?
2. Bagaimana
fungsi Hardware dan Software ?
3. kriteria
perangkat computer yang sesuai dengan perkembangan jaman ?
.
C.
Tujuan
Penulisan
Adapun
tujuan pembuatan makalah ini, adalah sebagai berikut ;
1. Mengetahui
gambaran bentuk perangkat computer
2. Mengetahui
fungsi hardware dan software
3. Mengetahui
kriteria perangkat computer dengan perkembangan jaman
BAB
II
ISI
1.
PERANGKAT
KERAS KOMPUTER (HARDWARE)
![]() |
A.
Pengertian
Pengertian dari hardware atau dalam bahasa
indonesianya disebut juga dengan nama perangkat keras adalah salah satu
komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba oleh
manusia secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung
proses komputerisasi.
Hardware dapat bekerja berdasarkan perintah yang
telah ditentukan ada padanya, atau yang juga disebut dengan dengan istilah
instruction set. Dengan adanya perintah yang dapat dimengerti oleh hardware
tersebut, maka hardware tersebut dapat melakukan berbagai kegiatan yang telah
ditentukan oleh pemberi perintah.
Secara fisik, Komputer terdiri dari beberapa
komponen yang merupakan suatu sistem. Sistem adalah komponen-komponen yang
saling bekerja sama membentuk suatu kesatuan. Apabila salah satu komponen tidak
berfungsi, akan mengakibatkan tidak berfungsinya suatu komputer dengan baik.
Komponen komputer ini termasuk dalam kategori elemen perangkat keras
(hardware).
B. Fungsinya
1. input
divice (unit masukan)
2. Process
device (unit Pemrosesan)
3. Output
device (unit keluaran)
4. Backing
Storage ( unit penyimpanan)
5. Periferal
( unit tambahan)
komponen dasar komputer yang terdiri dari input,
process, output dan storage. Input device terdiri dari keyboard dan mouse,
Process device adalah microprocessor (ALU, Internal Communication, Registers
dan control section), Output device terdiri dari monitor dan printer, Storage
external memory terdiri dari harddisk, Floppy drive, CD ROM, Magnetic tape.
Storage internal memory terdiri dari RAM dan ROM. Sedangkan komponen Periferal
Device merupakan komponen tambahan atau sebagai komponen yang belum ada atau
tidak ada sebelumnya. Komponen Periferal ini contohnya : TV Tuner Card, Modem,
Capture Card.
1. Unit
Masukan ( Input Device )
Unit
ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu
memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan.
Input devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC)
adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan
user (pengguna) dengan komputer. Selain itu terdapat joystick, yang biasa
digunakan untuk bermain games atau permainan dengan komputer. Kemudian scanner,
untuk mengambil gambar sebagai gambar digital yang nantinya dapat dimanipulasi.
Touch panel, dengan menggunakan sentuhan jari user dapat melakukan suatu proses
akses file. Microphone, untuk merekam suara ke dalam komputer.
Input
device berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar sistem ke dalam
suatu memori dan processor untuk diolah dan menghasilkan informasi yang
diperlukan. Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk
signal input dan maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan
ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang
digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi Input device selain
digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program.
Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi dua yaitu :
a. Peratalan
input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat
pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen, digitizer
graphics tablet, scanner.
b. Peralatan
input tidak langsung, input yang melalui media tertentu sebelum suatu input
diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punched card, disket, harddisk.
Unit masukan atau peralatan input ini terdiri dari beberapa macam peranti yaitu :
Unit masukan atau peralatan input ini terdiri dari beberapa macam peranti yaitu :
a) Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington. Keyboard yang digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization). Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington. Keyboard yang digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization). Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.
keyboard
qwerty
Jenis-Jenis
Keyboard :
1.) QWERTY
2.) DVORAK
3.) KLOCKENBERG
Keyboard yang biasanya dipakai adalah keyboard jenis
QWERTY, yang bentuknya ini mirip seperti tuts pada mesin tik. Keyboard QWERTY
memiliki empat bagian yaitu :
1. typewriter
key
2. numeric
key
3. function
key
4. special
function key.
b) Mouse
Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface). sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah. Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click) dimana penekanan ini akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk, tetapi bila tidak berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan diabaikan. Selain itu terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan menggeser (drag) yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil digeser. Drag ini akan mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin ke objek lain dan kemungkinan lainnya. Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan teratur disebut dengan klik ganda (double click) sedangkan menekan tombol kanan mouse satu kali disebut dengan klik kanan (right click)Mouse terdiri dari beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless.
Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface). sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah. Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click) dimana penekanan ini akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk, tetapi bila tidak berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan diabaikan. Selain itu terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan menggeser (drag) yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil digeser. Drag ini akan mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin ke objek lain dan kemungkinan lainnya. Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan teratur disebut dengan klik ganda (double click) sedangkan menekan tombol kanan mouse satu kali disebut dengan klik kanan (right click)Mouse terdiri dari beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless.
perangkat
mouse
c) Touchpad
Unit masukkan
ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan
menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti
mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing
stick dan trackball.
Touch Pad
Touch Pad
Track Ball
d) Light
Pen
Light pen
adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar
dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan
sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja
dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.
e) Joy
Stick dan Games Paddle
Alat ini biasa
digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk
tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat
dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu
objek dalam komputer.
f) Barcode
Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku. Sekarang ini, setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di Indonesia untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya dengan barcode.
Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku. Sekarang ini, setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di Indonesia untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya dengan barcode.
Barcode Reader
g) Scanner
Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar. Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembar jawaban komputer. Scanner yang biasa digunakan untuk melakukan scan lembar jawaban komputer adalah SCAN IR yang biasa digunakan untuk LJK (Lembar Jawaban Komputer) pada ulangan umum dan Ujian Nasional. Scan jenis ini terdiri dari lampu sensor yang disebut Optik, yang dapat mengenali jenis pensil 2B. Scanner yang beredar di pasaran adalah scanner untuk meng-copy gambar atau photo dan biasanya juga dilengkapi dengan fasilitas OCR (Optical Character Recognition) untuk mengcopy atau menyalin objek dalam bentuk teks.
Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar. Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembar jawaban komputer. Scanner yang biasa digunakan untuk melakukan scan lembar jawaban komputer adalah SCAN IR yang biasa digunakan untuk LJK (Lembar Jawaban Komputer) pada ulangan umum dan Ujian Nasional. Scan jenis ini terdiri dari lampu sensor yang disebut Optik, yang dapat mengenali jenis pensil 2B. Scanner yang beredar di pasaran adalah scanner untuk meng-copy gambar atau photo dan biasanya juga dilengkapi dengan fasilitas OCR (Optical Character Recognition) untuk mengcopy atau menyalin objek dalam bentuk teks.
Saat ini telah
dikembangkan scanner dengan teknologi DMR (Digital Mark Reader), dengan sistem
kerja mirip seperti mesin scanner untuk koreksi lembar jawaban komputer,
biodata dan formulir seperti formulir untuk pilihan sekolah. Dengan DMR lembar
jawaban tidak harus dijawab menggunaan pensil 2 B, tapi dapat menggunakan alat
tulis lainnya seperti pulpen dan spidol serta dapat menggunakan kertas biasa.
h) Kamera
Digital
Perkembangan
teknologi telah begitu canggih sehingga komputer mampu menerima input dari
kamera. Kamera ini dinamakan dengan Kamera Digital dengan kualitas gambar lebih
bagus dan lebih baik dibandingkan dengan cara menyalin gambar yang menggunakan
scanner. Ketajaman gambar dari kamera digital ini ditentukan oleh pixel-nya.
Kemudahan dan kepraktisan alat ini sangat membantu banyak kegiatan dan
pekerjaan. Kamera digital tidak memerlukan film sebagaimana kamera biasa.
Gambar yang diambil dengan kamera digital disimpan ke dalam memori kamera
tersebut dalam bentuk file, kemudian dapat dipindahkan atau ditransfer ke
komputer. Kamera digital yang beredar di pasaran saat ini ada berbagai macam
jenis, mulai dari jenis kamera untuk mengambil gambar statis sampai dengan
kamera yang dapat merekan gambar hidup atau bergerak seperti halnya video.
i)
Mikropon dan Headphone
Unit masukan
ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam
memori komputer atau untuk mendengarkan suara. Dengan mikropon, kita dapat
merekam suara ataupun dapat berbicara kepada orang yang kita inginkan pada saat
chating. Penggunaan mikropon ini tentunya memerlukan perangkat keras lainnya
yang berfungsi untuk menerima input suara yaitu sound card dan speaker untuk
mendengarkan suara.
j)
Graphics Pads
Teknologi
Computer Aided Design (CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah, mesin
mobil, dan pesawat dengan menggunakan Graphics Pads. Graphics pads ini
merupakan input masukan untuk menggambar objek pada monitor. Graphics pads yang
digunakan mempunyai dua jenis. Pertama, menggunakan jarum (stylus) yang
dihubungkan ke pad atau dengan memakai bantalan tegangan rendah, yang pada
bantalan tersebut terdapat permukaan membrane sensitif sentuhan ( touch
sensitive membrane surface). Tegangan rendah yang dikirimkan kemudian
diterjemahkan menjadi koordinat X – Y. Kedua, menggunakan bantalan sensitif
sentuh ( touch sensitive pad) tanpa menggunakan jarum. Cara kerjanya adalah
dengan meletakkan kertas gambar pada bantalan, kemudian ditulisi dengan pensil.
k) loppy
Disk Drive
Floppy disk
drive adalah alat untuk menulis, membaca data, juga berfungsi sebagai alat
output (perekam) data.
Merk Floppy
Disk Drive
Panasonic, Sony,
Samsung, Teac, dan sebagainya
l)
CD-ROM
CD-ROM adalah
alat untuk membaca CD atau VCD pada computer.
Beberapa
Kemampuan CD-ROM
CD-ROM dengan
kemampuan : 24x, 36x, 40x, 52x, 56, dan seterusnya
Beberapa Merk
CD-ROM
Creative,
Teac, Philips, LG, Samsung, Sony, Asus, Acer, Prolink, Active, Oepen, Mitshubishi,
Gigabyte, dan sebagainya.
m) DVD-ROM
DVD-ROM adalah alat untuk membaca CD, VCD, DVD music atau film berkwalitas tinggi pada computer.
DVD-ROM adalah alat untuk membaca CD, VCD, DVD music atau film berkwalitas tinggi pada computer.
n) CD-RW
DRIVE
CD-RW DRIVE
adalah alat untuk merekam (backup) data pada CD.
Beberapa
Kemampuan CD-RW DRIVE
CD-RE DRIVE
dengan kemampuan : 8x8x24, 12x10x32, 24x10x24, 32x10x40, 32x12x40, 40x12x40,
32x14x48, 52x24x48, 48x12x50, 52x32x52, dan sebagainya.
o) DVDRW
DRIVE
DVD-RE adalah
merekam (backup) data pada CD, CD-RW, dan DVD.
Beberapa Kemampuan
DVD-RW DRIVE
DVD-RE DRIVE
dengan kemampuan 4x2x12, 8x4x12, 16x4x12 dan seterusnya.
2. Process
device (unit Pemrosesan)
a. Casing
Casing adalah
kotak pembungkus perangkat keras (hardware) di dalam CPU.
Bentuk-bentuk
Casing
1) Desktop
(horizontal)
-
Slim desktop
-
Standar Dekstop
2) Tower
(vertical)
-
Mini/Midlle tower
-
Full tower
-
Jenis Casing
Casing AT
Casing ATX
b. Power
Supply
Power supply
adalah sebuah perangkat yang berfungsi sebagai penyalur arus listrik ke
berbagai peralatan computer yang terdapat di dalam CPU. Perangkat ini
mememiliki lima konektor atau lebih, yang dapat disambungkan ke berbagai
peralatan seperti motherboard, harddisk, floppy disk drive, CD-ROM, dan
sebagainya
Jenis power
-
Power supply AT : terdiri dari 12
pin
-
Power supply ATX : terdiri dari
20 pin
c. Motherboard
Motherboard
adalah perangkat terpentinh di dalam computer yang dijadikan media atau tempat
untuk memasang atau meletakan beberapa peralatan seperti : Prosesor, Memori
Card, Sound Card, Card I/O dan sebagainya
Beberapa jenis
Motherboard Pentium
-
Kelas AT486 : menggunakan Socket
3
-
Kelas Pentium I : menggunakan
Socket 7/8
-
Kelas Pentium II : menggunakan
Slot I
-
Kelas Pentium III : MEnggunakan
Socket 370
-
Kelas Pentium IV : menggunakan
Socket 423/478
d. Prosesor
Prosesor
adalah sebuah chip (mikroposesor) yang merupakan otak dan pusat pengendali
berbagai perangkat computer, sehingga dapat bekerja satu sama lain.
Satuan
prosesor adalah MHz (Mega Hertz), yaitu banyaknya instruksi data yang dapat dikerjakan
dalam satu detik.
e. Memori
Memori adalah
perangkat yang berfungsi mengolah data dan instruksi, semakin besar memori yang
disediakan, semakin banyak dat maupun instruksi yang dapat diolahnya.
Satuan Memori
1 kilo Byte =
1 kb = 1024 Byte
1 Mega Byte =
1 MB = 1024 KB = 1048576 Byte
1 Giga Byte =
1 GB = 1024 MB = 1048576 KB = 1073741824 Byte
Memori yang
umum diperdagankan
4 MB – 128 MB,
256 MB, 500 MB, 1 GB, dan seterusnya
f. Card
VGA
Card VGA
adalah perangkat berupa rangkaian elektronik berbentuk seperti kartu, yang
berfungsi menghubungkan motherboard dengan monitor.
Beberapa jenis
Card VGA
-
Card VGA ISA
-
Card VGA EISA
-
Card VGA PCI
g. Card
I/O
Card I/O
adalah sebuah Card yang berfungsi menghubungkan motherboard dengan alat input
dan alat output
Beberapa jenis
Card I/O
-
Card I/O ISA 8 bit
-
Card I/O ISA 16 bit
-
Card I/O EISA
h. Sound
Card
Sound Card
adalah perangkat multimedia berbentuk seperti kartu, yang berfungsi mengolah
suara pada computer.
Beberapa jenis
Sound Card
-
Sound Card ISA 8 bit
-
Sound Card ISA 16 bit
-
Sound Card EISA
-
Sound Card PCI
i.
Harddisk
Harddisk
adalah perangkat computer yang berfungsi menyimpan data dalam kapasitas besar.
Beberapa
kapasitas Harddisk
-
Harddisk kapasitasnya 540 MB –
250 GB, dan seterusnya
j.
Modem
Modem adalah
sebuah perangkat computer yang berfungsi mengubah sinyal analog menjadi sinyal
digital di dalam jaringan internet.
Jenis modem
-
Modem Internal
-
Modem Eksternal
k. Tv
Turner
TV Turner
adalah alat untuk menerima siaran televise pada computer
Jenis Tuner
Jenis Tuner
-
Tuner Internal
-
Tuner Eksternal
l.
Heatsink Fan
Heatsink
adalah perangkat yang berfungsi menyerap panas pada prosesor.
m. Kabel
Kabel adalah sekumpulan baris kabel yang berfungsi menghubungkan komponen computer yang satu dengan yang lainnya, seperti menghubungkann harddisk, floppy disk drive dengan motherboard, dan sebagainya.
Kabel adalah sekumpulan baris kabel yang berfungsi menghubungkan komponen computer yang satu dengan yang lainnya, seperti menghubungkann harddisk, floppy disk drive dengan motherboard, dan sebagainya.
3. Output
device (unit keluaran)
Alat
putput adalah alat untuk menampilkan hasil pengolahan data yang di lakukan CPU.
Beberapa
Alat output
a. Monitor
Monitor adalah alat yang berfungsi menampilkan data atau informasi dalam bentuk teks dan grafik.
Monitor adalah alat yang berfungsi menampilkan data atau informasi dalam bentuk teks dan grafik.
b. Beberapa
jenis monitor
-
CRT adalah jenis monitor
berbentuk tabung, karena menggunakan tabung display
-
Flat panel/LCD (Liquid Crystal
Display)
Adalah jenis
monitor yang memiliki permukaan datar, ukuran ringkas, dan konsumsi daya sangat
rendah.
c. Printer
Preinter adalah alat cetak informasi atau hasil kerja computer.
Preinter adalah alat cetak informasi atau hasil kerja computer.
Beberapa jenis
printer’
-
Printer Dot Matrix
-
Printer Deskjet
-
Printer Laserjet
d. Speaker
Speaker adalah alat output suara.
Speaker adalah alat output suara.
e. Headphone
Headphone
adalah telepon kepala atau output suara yang diletakan di kepala.
4. Backing
Storage ( unit penyimpanan)
Alat
penyimpanan (storage), adalah media yang dapat menyimpan data secara permanen
dalam jangka waktu panjang, yang suatu ketika dapat di ambil atau dibaca
kembali. Selain alat penyimpanan harddisk yang tergolong ke dalam alat proses
computer, masih terdapat alat penyimpanan lain yaitu floppy disk dan CD.
a. Floppy
Disk / disket
Floppy Disk
adalah alat penyimpanan data yang dip roses dari computer.
b. USB
Flash Drive
USB Flas Drive
adalah media penyimpanan data yang menggunakan port USB
c. CD
(Compact Disk)
CD (Compac
Disk) adalah media berbentuk piringan, berfungsi menyimpan data hingga 700
Mbyte.
2.
![]() |
PERANGKAT LUNAK KOMPUTER (SOFTWARE)
A. Pengertian
Nama lain dari Software adalah perangkat lunak.
Seperti nama lainnya itu, yaitu perangkat lunak, sifatnya pun berbeda dengan
hardware atau perangkat keras, jika perangkat keras adalah komponen yang nyata
yang dapat diliat dan disentuh oleh manusia, maka software atau Perangkat lunak
tidak dapat disentuh dan dilihat secara fisik, software memang tidak tampak
secara fisik dan tidak berwujud benda tapi bisa di operasikan.
Pengertian Software komputer adalah sekumpulan data
elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang
disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan
menjalankan suatu perintah. Melalui software atau perangkat lunak inilah suatu
komputer dapat menjalankan suatu perintah
B. Macam-macam
Software
Software atau perangkat lunak komputer berdasarkan
distribusinya dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu software berbayar,
software gratis atau free ( Freeware, free software, shareware, adware) .
1. Software
berbayar merupakan perangkat lunak yang didistribusikan untuk tujuan komersil,
setiap pengguna yang ingin menggunakan atau mendapatkan software tersebut
dengan cara membeli atau membayar pada pihak yang mendistribusikannya. pengguna
yang menggunakan software berbayar umumnya tidak diijinkan untuk
menyebarluaskan software tersebut secara bebas tanpa ijin ada penerbitnya.
contoh software berbayar ini misalnya adalah sistem microsoft windows,
microsoft office, adobe photo shop, dan lain-lain.
2. Freeware
atau perangkat lunak gratis adalah perangkat lunak komputer berhak cipta yang
gratis digunakan tanpa batasan waktu, berbeda dari shareware yang mewajibkan
penggunanya membayar (misalnya setelah jangka waktu percobaan tertentu atau
untuk memperoleh fungsi tambahan). Para pengembang perangkat gratis seringkali
membuat perangkat gratis freeware “untuk disumbangkan kepada komunitas”, namun
juga tetap ingin mempertahankan hak mereka sebagai pengembang dan memiliki
kontrol terhadap pengembangan selanjutnya. Freeware juga didefinisikan sebagai
program apapun yang didistribusikan gratis, tanpa biaya tambahan. Sebuah contoh
utama adalah suite browser dan mail client dan Mozilla News, juga
didistribusikan di bawah GPL (Free Software).
3. Free
Software lebih mengarah kepada bebas penggunaan tetapi tidak harus gratis. Pada
kenyataannya, namanya adalah karena bebas untuk mencoba perangkat lunak sumber
terbuka (Open Source) dan di sanalah letak inti dari kebebasan: program-program
di bawah GPL, sekali diperoleh dapat digunakan, disalin, dimodifikasi dan
didistribusikan secara bebas. Jadi free software tidak mengarah kepada gratis
pembelian tetapi penggunaan dan distribusi. Begitu keluar dari lisensi kita
dapat menemukan berbagai cara untuk mendistribusikan perangkat lunak, termasuk
freeware, shareware atau Adware. Klasifikasi ini mempengaruhi cara di mana
program dipasarkan, dan independen dari lisensi perangkat lunak mana mereka
berasal.
4. Perbedaan
yang nyata antara Free Software dan Freeware. Konflik muncul dalam arti kata
free dalam bahasa Inggris, yang berarti keduanya bebas dan gratis. Oleh karena
itu, dan seperti yang disebutkan sebelumnya, Free Software tidak perlu bebas,
sama seperti Freeware tidak harus gratis.
5. Shareware
juga bebas tetapi lebih dibatasi untuk waktu tertentu. Shareware adalah program
terbatas didistribusikan baik sebagai demonstrasi atau versi evaluasi dengan
fitur atau fungsi yang terbatas atau dengan menggunakan batas waktu yang
ditetapkan (misalnya 30 hari) . Dengan demikian, memberikan pengguna kesempatan
untuk menguji produk sebelum membeli dan kemudian membeli versi lengkap dari
program. Sebuah contoh yang sangat jelas dari tipe ini adalah perangkat lunak
antivirus, perusahaan-perusahaan ini biasanya memudahkan pelepasan produk
evaluasi yang hanya berlaku untuk jumlah hari tertentu. Setelah melewati
maksimum, program akan berhenti bekerja dan Anda perlu membeli produk jika Anda
ingin tetap menggunakannya.
6. Kita
juga dapat menemukan perangkat lunak bebas sepenuhnya, namun termasuk dalam
program periklanan, distribusi jenis ini disebut Adware. Sebuah contoh yang
jelas adalah program Messenger dari Microsoft yang memungkinkan penggunaan
perangkat lunak bebas dalam pertukaran untuk masuk dengan cara iklan banner
atau pop-up.
Ada pula beberapa tipe komputer software, diantaranya :
Ada pula beberapa tipe komputer software, diantaranya :
a. Software
Games - Jenis software ini termasuk dalam kategori entertainment atau hiburan,
software ini memiliki berbagai macam jenis. Jenis-jenis tersebut seperti MMOs
(Massive Multiplayer Online games), first-person shooters, action games,
roleplaying games, and game petualangan.
b. Software
Driver – Program in mengijinkan komputer untuk dapat berinteraksi dengan
perangkat hardware tambahan seperti printer, scanner, dan video cards.
c. Software
Pendidikan – berbeda dengan jenis program sebelumnya, software pendidikan ini
dapat mengajarkan apapun dari komputer, melakukan aktifitas yang berhubungan
seperti mengetik atau berbagai macam jenis pendidikan lainnya seperti kimia.
d. Media
player dan pengembangan software media lainnya Software yang dibuat untuk dapat
memainkan atau mengedit media digital seperti file music atau video.
e. Software
Produktifitas – Jenis software ini mengijinkan pengguna untuk lebih produktif
baik itu dalam menjalankan bisnis atau menjalankan aktifitas produktif lainnya.
Contoh dari software ini adalah software pengolah huruf (Ms Words), Software
pengatur database, software presentasi dan beberapa software lainnya.
f. Operating
sistem – software yang merupakan sumber dari software lainnya yang dapat
mengijinkan software lainnya untuk berjalan. Contoh dari software operating
sistem ini adalah Window Vista, Mac OS X dan Linux
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penulisan tentang perangkat
hardware dan software dalam computer disimpulkan sebagai berikut :
1. Komputer
merupakan kesatuan perangkat yang tidak bisa di pisahkan antara perangkat satu
dengan perangkat yang lainnya.
2. Berdasarkan
kegunaanya, perangkat keras computer (Hardware) di golongkan ke dalam 3 buah
golongan Utama Yaitu :
-
Alat Input
-
Alat Proses
-
Alat OutPut
3. berdasarkan
distribusinya Software atau perangkat lunak komputer dibedakan menjadi beberapa
macam, yaitu software berbayar, software gratis atau free.
B. Saran
Setelah di peroleh simpulan sebagaimana di sebutkan
diatas untuk selanjutnya di ajukan beberapa saran.
Saran-saran ini hendaknya di jadikan sebagai masukan
untuk kemajuan pengetahuan penulis dan pembacanya.
Dapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Bermain Poker Online di www , SmsQQ , com
BalasHapusKeunggulan dari smsqq adalah
*Permainan 100% Fair Player vs Player - Terbukti!!!
*Proses Depo dan WD hanya 1-3 Menit Jika Bank Tidak Gangguan
*Minimal Deposit Hanya Rp 10.000
*Bonus Setiap Hari Dibagikan
*Bonus Turn Over 0,3% + 0,2%
*Bonus referral 10% + 10%
*Dilayani Customer Service yang Ramah dan Sopan 24 Jam NONSTOP
*Berkerja sama dengan 4 bank lokal antara lain : ( BCA-MANDIRI-BNI-BRI )
Jenis Permainan yang Disediakan ada 8 jenis :
Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar 66
Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami Di :
BBM: 2AD05265
WA: +855968010699
Skype: smsqqcom@gmail.com
bosku minat daftar langsung aja bosku^^