MAKALAH
PRODUKTIF
BLOK SILINDER
Ukuran
Operses 0 - 200
Di Ssusun oleh :
Kelompok 2
Muhamad Hasan Basri
Muhamad Sidik
Muhamad Tirfani
Pupung Pujiyanto
Muhamad Taryat
Haris Arif Ratama
Riki Rikardo
Sofyan
KELAS : XII TSM 2
SMKN 1 TIRTAJAYA
KATA
PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadiran Allah SWT, shalawat
serta salam tetap tercurah kepada Nabi Besar Muhammad SAW, karena dengan taufik
dan hidayah-Nya kami bisa menyelesaikan laporan hasil penulisan makalah teknik
otomotif ini.
Dan dalam kesempatan ini pula, kami hendak menyampaikan rasa
terima kasih kepada semua pihak yang membantu kami dalam menyelesaikan
penulisan makalah ini.
Penulis
menyadari sepenuhnya, bahwa masih banyak kekurangan-kekurangan dan masih jauh
dari sempurna, akan tetapi dengan kemampuan yang ada kami mencoba untuk
menyusun sebaik mungkin dengan harapan dapat memperoleh manfaatnya. Semoga
Laporan ini bisa bermanfaat tidak hanya bagi penulis khususnya, tetapi juga
dapat bermanfaat bagi pembaca yaitu para siswa SMK Negeri 1 Tirtajaya pada
umumnya.
BAB I
PEMBAHASAN
A.
Pengertian Silinder
Di
dalam silinder blok ada beberapa komponen kendaraan seperti piston, mantel air
atau water jacker yang berfungsi untuk tempat sirkulasi air pendingin agar
menjaga temperatur pada silinder, dan terdapat poros engkol yang terpasang di
bawah mantel air.
Adapun
fungsi dari kepala silinder antara lain :
v Sebagai tempat dudukan mekanisme katup
v Sebagai tempat dudukan saluran masuk
v Sebagai ruang bakar
a.
Komponen-komponen yang ada pada
kepala silinder
1.
Busi
berfungsi untuk meletikan bunga api
2.
Noken
as ( cam shaft ) berfungsi sebagai menggerakkan rocker arem yang selanjutnya
menggerakkan klep, noken di gerakkan berdasarkan putaran rantai kamrat
3.
Sepatu
klep ( rocker arm ) berfungsi sebagai meneruskan gerakkan dari noken as untuk
menggerakkan klep
4.
Rantai
kamrat berfungsi sebagai menghubungkan putaran dari poros engkol menuju kepala
silinder untuk menggerakkan kelengkapan klep.
5.
Klep
( valve ), klep di bedakan menjadi dua yaitu klep in/isap berfungsi sebagai
mengatur atau membuka tutup campuran udara yang masuk ke dalam ruang bakar klep
ex/buang adalah berfungsi sebagai membuka tuutp saluran buang dari sisa-sisa
pembakaran.
6.
Seal
klep berfungsi untuk menjaga agar oli tidak masuk ke dalam ruang bakar.
7.
Topi dan Kuku Pengunci Klep berfungsi untuk menahan per klep
agar tidak lepas dan dapat bekerja dengan baik.
8.
Per klep setelah klep terbuka akibat tekanan dari pelatuk
klep, per klep akan mengembalikannya ke posisi semula sehingga menutup.
9.
Bos Klep berfungsi sebagai jalur bergeraknya batang klep. Bila bos
klep telah aus/longgar di bagian knalpot akan timbul asap putih tipis dan
perbaikannya harus diganti dan pemasangannya di tukang bubut.
B. Oversize
/ Perubahan Ukuran Silinder
Perubahan ukuran silinder (Oversize / korter) terdiri dari 4
tahap yaitu:
- 0,25 berarti : over size 0,25mm, yaitu silinder mengalami perubahan untuk pertama kalinya.
- 0,50 berarti : over size 0,50mm, yaitu silinder mengalami perubahan untuk kedua kalinya.
- 0,75 berarti : over size 0,75mm, yaitu silinder mengalami perubahan untuk ketiga kalinya.
- 0,100 berarti : over size 0,100mm, yaitu silinder mengalami perubahan unkuran untuk keempat kalinya atau terakhir kalinya.
Setelah
pada tahap silinder over size 0,100 maka silinder sudah tidak bisa di korter
lagi. Dan langkah perbaikannya adalah dengan mengganti blok silinder baru, atau
blok silinder lama di shock kembali. Pekerjaan over size silinder ataupun sok
silinder adalah dilakukan oleh bengkel bubut. Pemakaian blok silinder, piston
dan ring piston harus dalam satu ukuran, misalnya: silinder masih ukuran
standar maka piston dan ring piston harus menggunakan ukuran standar juga.
Silinder
motor 4 tak dimana dari titik mati atas sampai titik mati bawah tidak terdapat
lubang. Silinder blok motor 2 tak berbeda bentuknya dengan motor 4 tak dimana
untuk motor 2 tak bentuk silinder antar titik mati atas dan titik mati bawah
terdapat lubang atau saluran gas buang dan gas baru dan saluran bilas.
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Dengan
berakhirnya hasil tulisan ini kami mengucapkan terimakasih kepada Allah SWT dan
Nabi Muhammad SAW yang telah memberikan kesempatan dan kesehatan sehingga
penulisan makalah ini dapat selesai dengan baik.
B. Saran-saran
:
Adapun
saran-saran yang ingin saya sampaikan sebagai berikut:
1.
Untuk memasuki dunia industri diperlukan keterampilan yang cukup.
2.
Persiapan mental yang kuat dan biasakan hidup dengan disiplin.
3.
Taati semua peraturan yang berlaku dan jangan coba-coba melanggarnya walaupun
dalam artian sedikit.
4.
Biasakan bersikap/berfikir kreatif dan inisiatif dalam bekerja.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar