KATA PENGANTAR
Alhamdullilah, puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah
memberi rahmat, karunia, serta kasih sayang terbesar-Nya sehingga penulis dapat
menyelesaikan makalah dengan judul ”Makalah tentang CorelDraw’’.
Makalah ini disusun bertujuan untuk memenuhi tugas mata kuliah Dasar komputer.
Selain itu sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan dan memotivasi mahasiswa
dalam menyusun karya tulis.
Penulis menyadari bahwa masih terdapat banyak kekurangan dan keterbatasan dalam
penyusunan makalah ini. Oleh karena itu, penulis mengharapkan saran dan kritik
dari pembaca sekalian demi memperbaiki makalah ini dalam penulisan lain
di kemudian hari.
Dan semoga makalah ini dapat mendatangkan manfaat bagi kita semua.
Sekian
dan terimakasih.
Penulis
BAB I
PENDAHULUAN
Pada era globalisasi seperti sekarang ini kemajuan
teknologi berkembang sangat pesat dan membantu manusia berinteraksi satu
sama lain tanpa dibatasi oleh jarak dan waktu. Kemudahan yang diberikan oleh
teknologi mencakup berbagai aspek kehidupan, mulai dari bisnis hingga
pendidikan. Teknologi sangat berperan penting dalam membantu setiap kebutuhan
manusia salah satunya yaitu komputer.
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data
menurut prosedur yang telah dirumuskan. Membantu setiap pekerjaan manusia,
menjadi tempat ketergantungan hampir semua manusia didunia. Komputer mempunyai
beberapa perangkat yaitu perangkat keras atau hardware, perangkat lunak atau software
dan brainware.
Software CorelDRAW digunakan rata-rata untuk membuat
garis-garis vector, contohnya logo. Dengan kelengkapan tools dari software ini,
juga controlnya pun lebih nyaman, mendesain logo vector menjadi lebih mudah.
Begitu pesat berkembangnya teknologi komputer, yang terutama pada perangkat
lunak, mau tidak mau kita juga harus mengikuti perkembangannya.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
SOFTWARE atau Perangkat lunak
Software komputer
adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data
elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi
yang akan menjalankan suatu perintah. Melalui sofware atau perangkat lunak
inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah.
a.
Karakteristik perangkat lunak :
1)
Perangkat Lunak merupakan suatu produk, sekaligus sarana untuk membangun suatu
produk. Perangkat Lunak dibangun dan dikembangkan (engineered, not
manufactures). Berbeda dengan perangkat keras (hardware), Perangkat
lunak dibuat dengan suatu perancangan yang kemudian setelah jadi dapat
dikembangkan lebih lanjut. Biaya untuk Perangkat Lunak dikonsentrasikan pada
pengembangan.
2)
Perangkat Lunak tidak pernah usang (wear out) namun memburuk (deteriorate).
Perangkat Lunak tidak pernah usang karena adanya perawatan memungkinkan
pengembangan Perangkat Lunak untuk menyesuaikan dengan kebutuhan baru. Namun
sekali Perangkat lunak rusak, maka tidak dapat diganti dengan Perangkat
lunak lain, namun harus dilakukan pembuatan ulang karena tidak ada suku cadang
dalam Perangkat Lunak(berbeda dengan hardware).
3)
Sampai saat ini kebanyakan Perangkat masih dibuat menurut pesanan (custom
built).
b.
Software atau perangkat lunak komputer berdasarkan distribusinya dibedakan
menjadi beberapa macam, yaitu:
1)
Software berbayar merupakan perangkat lunak yang didistribusikan untuk
tujuan komersil, setiap pengguna yang ingin menggunakan atau mendapatkan
software tersebut dengan cara membeli atau membayar pada pihak yang
mendistribusikannya. pengguna yang menggunakan software berbayar umumnya tidak
diijinkan untuk menyebarluaskan software tersebut secara bebas tanpa ijin ada
penerbitnya. contoh software berbayar ini misalnya adalah sistem microsoft
windows, microsoft office, adobe photo shop, dan lain-lain.
2)
Freeware atau perangkat lunak gratis adalah perangkat
lunak komputer berhak cipta yang gratis digunakan tanpa batasan waktu, berbeda
dari shareware yang mewajibkan penggunanya membayar (misalnya setelah jangka
waktu percobaan tertentu atau untuk memperoleh fungsi tambahan). Para
pengembang perangkat gratis seringkali membuat perangkat gratis freeware “untuk
disumbangkan kepada komunitas”, namun juga tetap ingin mempertahankan hak
mereka sebagai pengembang dan memiliki kontrol terhadap pengembangan
selanjutnya. Freeware juga didefinisikan sebagai program apapun yang
didistribusikan gratis, tanpa biaya tambahan. Sebuah contoh utama adalah suite
browser dan mail client dan Mozilla News, juga didistribusikan di bawah GPL
(Free Software).
3)
Free Software lebih mengarah kepada bebas penggunaan tetapi tidak harus
gratis. Pada kenyataannya, namanya adalah karena bebas untuk mencoba perangkat
lunak sumber terbuka (Open Source) dan di sanalah letak inti dari kebebasan:
program-program di bawah GPL, sekali diperoleh dapat digunakan, disalin,
dimodifikasi dan didistribusikan secara bebas. Jadi free software tidak
mengarah kepada gratis pembelian tetapi penggunaan dan distribusi. Begitu
keluar dari lisensi kita dapat menemukan berbagai cara untuk mendistribusikan
perangkat lunak, termasuk freeware, shareware atau Adware. Klasifikasi ini
mempengaruhi cara di mana program dipasarkan, dan independen dari lisensi
perangkat lunak mana mereka berasal.
B. Mengenal CorelDraw
1.
Pengertian dan Sejarah CorelDraw
Corel Draw merupakan suatu program
aplikasi grafis berbasis vektor yang memungkinkan seseorang membuat sebuah
karya seni profesional, mulai dari yang simpel seperti logo sederhana hingga
ilustrasi teknis yang rumit atau kompleks dengan pemrosesan visual.
Sejarah
CorelDRAW
CorelDRAW pertama kali dibuat pada
tahun 1987, Corel Corporation mempekerjakan teknisi software Michel Bouillon
dan Pat Beirne untuk mengembangkan program ilustrasi dasar vector untuk
disatukan dengan sistem desktop publishing mereka. Mulanya program CorelDRAW
dirilis pada tahun 1989, CorelDRAW 1.x dan 2.x berjalan pada Windows. CorelDRAW
3.0 rilis bersamaan dengan microsoft windows 3.1. Fakta yang terdapat dalam
true type pada windows 3.1 merubah CorelDRAW benar-benar menjadi sebuah program
ilustrasi yang dapat menggunakan Sitem instalasi lainnya tanpa rekomendasi
aplikasi pihak ketiga.
Keunggulan dari setiap versi :
* Ver.2 (1991) : Envelope Tool (Untuk memecah teks atau objek menggunakan shape utama), Extrusion (untuk mensimulasi gambar dan volume dalam objek) dan Perspective (Untuk memecah objek sepanjang X dan Y)
* Versi 3 (1992) : Terdapat Corel PHOTO PAINT* (untuk mengedit bitmap), CorelSHOW (Untuk membuat on-screen presentasion), CorelCHART (untuk Grahpic chart), Mosaic dan CorelTRACE (untuk vectorizing bitmaps).
* Versi 4 (1993) : Termasuk Corel PHOTO-PAINT* (untuk mengedit bitmap),CorelSHOW (untuk membuat on-screen presentasion), CorelCHART, CorelMOVE, Mosaic dan corelTRACE.
* Versi 5 (1994) : Ini adalah versi terakhir yang dibuat dan berjalan pada windows 3.x. Termasuk Corel Ventura yang ada didalamnya (lalu dijual terpisah) ini adalah desktop publishing yang mirip dengan PageMaker, Quark Express, atau InDesign.
* Versi 6 (1995) : Ini adalah versi pertama yang mana dibuat se-ekslusif mungkin untuk windows 32-bit. Termasuk Corel Memo, Corel Presents, Corel Motion 3D, Corel Depth, Corel Multimedia Manager, Corel Font Master dan Corel DREAM (untuk membuat objek 3D) ada didalamnya. Fitur-fitur baru telah disesuaikan dengan Interface, Polygon, Spiral, Knife dan Eraser tools.
* Versi 7 (1997) : Properti bar yang sensitif (Context-sensitive Property bar), Print Preview dengan Zoom dan Pan, Scrapbook (untuk melihat, menggeser dan menempatkan objek), mencetak ke dalam HTML, Draft dan Enhanced display, Interactive Fill dan Blend tools, Transparency tools, Natural Pen tool, mencari & mengganti wizard, merubah Vector menjadi Bitmap (ketika dalam CorelDRAW), pengecek ejaan (Spell checker), Kamus (Thesaurus) dan pengecek susunan bahasa (Grammar checker). Corel Scan and Corel Barista (dokumen pertukaran format berbasis java ) juga termasuk dalam versi ini.
* Versi 8 (1998) : Digger selection, dudukan windows (Docker windows), memecah teks atau objek (Interactive Distortion), 3D, Envelope and tools, efek pemberi bayangan yang realistis (Realistic Dropshadow tool), pencamupran warna (interactive color mixing), penyusun tempat-tempat warna (color palette editor), garis bantu sebagai objek (guidelines as objects), merubah ukuran halaman (custom-sized pages), duotone support. Corel Versions juga termasuk didalamnya.
* Versi 9 (1999) : Mesh fill tool untuk pencampuran warna yang lebih kompleks, Artistic Media tool, mencetak kedalam PDF, menyatukan profile warna ICC (embedded ICC color profiles,) Multiple On-screen Color Palettes dan Microsoft Visual Basic untuk mendukung aplikasi 6. Canto Cumulus LE, bagian dari software untuk pengaturan media juga termasuk dalam versi ini.
* Versi 10 (2000) : CorelR.A.V.E. (untuk animasi vector), Perfect Shapes, Web graphics tools (untuk membuat element-elemen yang interaktif seperti tombol), penyortir halaman (Page sorter), dokumen multibahasa (multilingual document support), petunjuk window (navigator window). buka, simpan, import dan eksport dalam format SVG.
* Versi 11 (2002) : Kumpulan simbol-simbol (Symbols library) yang langsung dapat diambil, memotong gambar (untuk mendesain web), pressure-sensitive vector brushes, 3 titik alat menggambar (3-point drawing tools).
* Versi 12 (2003) : Panduan yang dinamis (Dynamic guides), alat menggambar pintar (Smart Drawing tools), mengekspor kedalam MS Office atau Word, bagian alat penghapus virtual (Virtual Segment Delete tool), mendukung teks yang unicode (Unicode text support). Unicode adalah Sistem yang memiliki kemampuan untuk menuliskan, memproses, dan menampilkan berbagai aktifitas dari tulisan itu sendiri. Teknologi ini diharapkan dapat menyelesaikan masalah penulisan dengan bahasa yang ditulis bukan menggunakan tulisan yunani.
* Versi 13 atau X3 (2006) : memotong dengan mengklik 2 kali (software vector pertama yang mampu untuk memotong sebuah grup vector dan bitmap dalam waktu yang sama), Smart fill tool, Chamfer/Fillet/Scallop/Emboss tool, ruang pengaturan gambar (Image Adjustment Lab). Menjiplak/Trace menjadi terintegrasi didalam CorelDRAW dibawah kendali PowerTRACE.
* Versi 14 atau X4(2008) : Layanan pengidentifikasi huruf (font) terkait didalam CorelDRAW, ConceptShare, Table tool, independent page layers, live text formatting, mendukung file kamera *.RAW.
* Versi 15 atau X5 (2010) : pengaturan isi (CorelCONNECT), pengelolaan warna, alat-alat grafis dan animasi, pengembangan kinerja multi-core, konten digital bernilai tinggi (profesional huruf/fonts, clip arts, dan foto-foto), mengisyaratkan objek (object hinting), pixel view, Mesh tool ditingkatkan dengan transparansi, menambahkan dukungan sentuh (added touch support), dan mendukung berbagai format file. Corel telah mengembangkan transformasi, yang mana dapat membuat banyak salinan dari satu objek.
* Versi 16 atau X6
(2012) : Versi CorelDRAW X6 memiliki tampilan baru serta
beberapa fitur baru yang tidak ada pada CorelDRAW versi
sebelumnya. diantaranya : Advanced OpenType Support, New Custom-built
Colour Harmonies, New Native 64-bit and Enhanced Multi-Core Support, New
Creative Vector Shaping tools, New Styles Engine and Docker, New Corel Website
Creator X6 application, New Smart Carver, Improved Page Layout Capabilities,
Redesigned Object Properties Docker. dan sebagainya.
Pendiri CorellDraw
Dalam perkembangan teknologi yang sangat pesat ini, seni bisa dituangkan dalam bentuk yang bermacam-macam, terutama yang berkaitan dengan grafis. Corel Draw tentunya sudah tidak asing ditelinga kita saat ini, Corel Draw adalah software aplikasi pengolah gambar vektor bisa dibilang perangkat lunak untuk membuat gambar vektor, software ini merupakan salah satu produk dari Corel Corporation, perusahaan pembuat perangkat lunak komputer yang didirikan pada tahun 1985 di Ottawa Kanada. Corel Draw sangat laris dipasaran dan banyak digunakan untuk membuat desain grafis yang bagus,
mungkin corel sudah sangat familiar bagi desainer-desainer saat ini tapi apakah mereka atau bahkan anda tahu siapa penemu Corel Draw.....
Dialah Michael
Cowpland lahir pada tanggal 23 tahun 1943, menerima gelar teknik Bsc dari
Imperial College di London kemudian pada tahun 1964 pindah ke Kanada lalu
menyelesaikan pendidikan masternya pada tahun 1968 dan akhirnya mendapat gelar
Ph.D. dari Universitas Carleton Ottawa pada tahun 1973. Dia adalah salah satu Entrepreneur
dari Kanada , businessman, dan pendiri dari Corel, dia cikal bakal yang
melakukan research laboratory ("Corel" kepanjangan dari
"Cowpland Research Laboratory"). Perusahaan ini melesat sangat cepat
begitu produk CorelDraw muncul dipasaran, dan menjadi perusahaan software
terbesar di Kanada.
2.
Mengenal Area Kerja CorelDraw
CorelDraw
menyediakan tool dan efek yang membuat kita dapat bekerja efisien untuk
menghasilkan sebuah gambar berkualitas tinggi. Dari beberapa versi perkembangan
CorelDraw, yang saat ini cukup baik untuk kita gunakan adalah CorelDraw versi
X3(13). Versi yang paling tinggi membutuhkan performa komputer (spesifikasi
prosesor ,RAM, dan memori grafis ) yang tinggi pula. Untuk penggunaan standar (
Latihan untuk membuat karya grafis sederhana ), versi yang lebih lama (versi
10, 11, atau 12) pun sebenarnya cukup baik untuk digunakan.
a.
Mengaktifkan CorelDraw
1. Klik
tombol start
2. Klik
All Start
3. Pilih
CorelDraw Graphics suite X3
4. Klik CorelDraw
X3,akan tampil gambar corelDraw
b.
Lembar kerja CorelDraw
1.
Title bar (A)
Title bar berisi
informasi tentang aplikasi yang sedang aktif dan file yang dikerjakan. Apabila
file itu belum pernah disimpan, maka secara otomatis akan diberi nama
Graphic1.cdr, Graphic2.cdr dan seterusnya.
2.
Menu bar (B)
Menu bar berisi
perintah mengenai file yang akan atau sedang dikerjakan. Perintah yang dapat
dipilih adalah yang berwarna jelas, sedangkan yang berwarna buram (tidak aktif)
menunjukkan bahwa perintah tersebut tidak sesuai dengan objek yang sedang
dikerjakan. Yang ada di dalam menu bar adalah File, Edit, View, Layout,
Arrange, Effects, Bitmaps, Text, Tools, Windows, dan Help.
3.Standart
toolbar (C)
Standar toolbar
berisi perintah-perintah standar. Standar toolbar dimiliki oleh semua aplikasi
under windows, seperti membuka file baru (New), menyimpan file (Save),
mencetak (Print), copy ke clipboart (Copy), menempel clipboard (paste), Cut,
Undo untuk membatalkan beberapa perintah atau langkah terakhir, Redo untuk
mengeksekusi kembali perintah terakhir, Import, Export, Application Launcher
untuk mengeksekusi aplikasi Corel yang lain, Corel online untu mengakses situs
web Corel. Dan Zoom Level untuk mengatur ukuran tampilan padablayar.
3.
Toolbox (D)
Toolbox adalah
sekumpulan peralatan yang dapat digunakan untuk membuat dan mengatur gambar,
garis dan warna. Untuk lebih mudahnya, sorot dengan mouse maka akan menampilkan
namanya.
4.
Printable area (E)
Printable area adalah
area yang bisa kita cetak dalam media kertas
5.
Color palette (F)
Palet warna berisi
jenis-jenis warna yang bisa kita gunakan untuk fill maupun outline objek sesuai
dengan default warna yang kita gunakan.
C.
Fasilitas Dasar CorelDRAW
Quick
Start
Pertama kali perangkat lunak CorelDRAW
diaktifkan, sistem akan menampilkan kotak dialog welcome. Pada kotak
dialog ini, lembar proses yang dapat diaktifkan, yaitu:
- quick start: aplikasi ini dapat membantu untuk mempermudah mempersiapkan ruang perancangan grafis baru atau pengubahan rancangan grafis yang pernah dibuat sebelumnya.
- what’s new: aplikasi yang menginformasikan fasilitas baru yang disediakan pada perangkat lunak CorelDRAW.
- learning tools: alat yang mempermudah pemakai perangkat lunak CorelDRAW mempelajari fasilitas yang disediakan.
- galeri: galeri digunakan untuk mengunjungi situs komunitas pemakai CorelDRAW. Pada situs tersebut terdapat berbagai rancangan grafis profesional yang menggunakan perangkat lunak CorelDRAW.
- updates: aplikasi yang digunakan untuk mengunjungi situs resmi perangkat lunak CorelDRAW untuk berbagai keperluan. Salah satunya, yaitu untuk memperbarui model sistem CorelDRAW.
Hints
Hints berada pada sisi kanan kotak
dialog utama sistem. Fasilitas ini memberikan petunjuk apa dan bagaimana
memproses suatu objek gambar/teks.
Menu
Bar
Menu Bar berada pada
bagian atas kotak dialog utama sistem. Sistem menu CorelDRAW menggunakan
standar sistem operasi Windows yang sangat memudahkan pemakaian.
Standard
Toolbar
Standard toolbar terletak di bawah menu
bar. Pada standard toolbar, sistem meletakkan simbol proses cepat. Misalnya
terdapat simbol seperti folder untuk membuka suatu data grafis CorelDRAW...
Property
Bar
Property bar adalah fasilitas tambahan
yang muncul setelah memilih salah satu alat dalam fasilitas toolbox. Tujuannya
untuk mempermudah pemakaian alat fasilitas toolbox terpilih. Property bar
biasanya berada di bawah standard toolbars.
Toolbox
Toolbox biasanya terletak di bagian
paling kiri. Sistem meletakkan sebagian memberi tanda lipatan pada sisi kanan
bawah alat fasilitas toolbox yang memiliki subalat. Untuk menampilkan daftar
subalat tersebut dapat dilakukan dengan mengklik dan menahan simbol alat yang
bersangkutan.Jika kita masuk ke corel nanti error tak usah diulangulang masuk-masuk
terus,biar error toolbok,toolbar aneh tak seperti biasanya
Status
Bar
Sistem meletakkan berbagai informasi
pada baris status yang terdapat pada sisi bawah kotak dialog utama. Informasi
tersebut berkenaan dengan objek gambar/teks dan/atau alat proses terpilih.
Color
Palette
Color palette atau kotak warna terletak di bagian
paling kanan kotak dialog utama. Untuk memberi warna pada objek gambar/teks
cukup melakukan klik seperti biasa. Sedangkan untuk memberi warna garis, klik
kanan pada warna yang dipilih dalam kotak warna.
Dialog
Box
Sistem CorelDRAW akan meletakkan
sejumlah pilihan proses dari fasilitas yang komplek pada suatu kotak dialog.
Fasilitas yang bersangkutan dapat diatur melalui kotak dialog tersebut.
Misalnya, pengubahan format objek gambar dari vektor ke bitmap melalui menu
bitmaps submenu convert to bitmap.
Docker
Sistem meletakkan sejumlah kotak dialog
fasilitas yang (dianggap) sering digunakan dalam bentuk tetap pada sisi kanan
kotak dialog. Format tersebut disebut dengan docker. Fasilitas ini dapat
ditampilkan melalui menu window submenu docker.
Fixed/Floating
Toolbar
Salah satu keistimewaan dari sistem
CorelDRAW X3, yaitu fasilitas toolbox kotak warna, menu bar, standard toolbar,
dan/atau property bar yang dapat digeser dan ditempatkan di sembarang lokasi.
Operasi
Dasar
Objek
Garis
- freehand tool: alat ini digunakan untuk membentuk beragam garis lurus atau garis yang tidak beraturan.
- bezier tool: alat ini digunakan untuk membentuk beragam garis lurus dan garis yang tidak beraturan secara bersamaan.
- artistic media tool: alat ini digunakan untuk membentuk berbagai objek garis artistik. Dalam menentukan bentuk garis artistik tersebut, gunakan simbol yang ada di sisi kiri fasilitas property bar, lalu tentukan spesifikasi konfigurasinya pada sisi kanannya.
- pen tool: pemakaian pen tool hampir serupa dengan pemakaian bezier tool.
- polyline tool: pemakaian polyline tool hampir sama dengan freehand tool.
- 3 point curve tool: alat ini digunakan untuk membentuk garis melingkar dengan mudah dan cepat.
- connector tool: alat ini digunakan untuk menghubungkan beberapa objek gambar. Misalnya, membentuk garis penghubung alur diagram.
- dimension tool: alat ini digunakan untuk membentuk garis dimensi vertikal, horizontal, diagonal, dan sebagainya.
Objek
Gambar
- rectangle tool: alat ini dapat digunakan untuk membentuk objek persegi panjang atau persegi.
- ellipse tool: alat ini digunakan untuk membentuk objek lingkaran/elips.
- object tool: alat ini dapat mempermudah/mempercepat proses pembentukan objek poligon, bintang, DLL.
- perfect shape tool: alat ini digunakan untuk membentuk berbagai objek gambar spesifik secara mudah dan cepat. Misalnya, objek jajar genjang, dan lain sebagainya.
- table tool: alat ini dapat digunakan untuk membuat tabel dalam format persegi atau persegi panjang. Tabel ini tidak hanya dapat dimasukkan tulisan/teks, tetapi dapat juga dimasukkan gambar ke dalamnya. Alat ini bisa digunakan untuk membuat kartu pos, brosur, dan lain-lain.
Smart
Drawing
Menggambar pintar adalah aplikasi baru
yang ada pada CorelDRAW X4. Smart drawing tool yang ada pada smart tool dapat
digunakan untuk membentuk objek gambar dari sketsanya.
Objek
Teks
Objek teks merupakan unsur yang paling
sering digunakan pada rancangan grafis. Ada yang membuatnya sebagai logo,
teks artistik, bahkan mengubah objek teks menjadi objek gambar.
Objek teks dapat dibuat melalui text
tool yang terdapat pada toolbox. Setelah itu, objek teks dapat diproses melalui
pick tools. Objek teks dapat diproses sehingga membentuk bayangan,
menjadi format 3D,
dan lain-lain.
Objek
2D Menjadi 3D
CorelDRAW memiliki fasilitas untuk
mengubah objek taks/gambar 2D menjadi 3D. Fasilitas yang dapat
digunakan untuk membentuk objek 2D menjadi 3D adalah sebagai berikut:
- extrude: pada fasilitas toolbox terdapat interactive extrude tool di dalam interactive effects tool. Setelah diaktifkan, format 3D dapat diatur melalui bagian presets yang ada pada fasilitas property bar.
- bevel: bevel merupakan subalat untuk membentuk sudut dari suatu objek gambar/teks. Bevel akan muncul dalam property bar setelah mengaktifkan interactive extrude tool.
- contour: fasilitas contour di dalam CorelDRAW X4 disediakan untuk membuat salinan dari suatu objek gambar/teks ke bagian dalam/luarnya. Contour dapat digunakan untuk menimbulkan efek 3D dari suatu objek gambar/teks dengan cara mengubah warna sisinya.
- gradasi warna: gradasi warna dapat dibentuk menggunakan fill tool, interactive fill tool, atau mesh fill.
- efek bayangan: CorelDRAW menyediakan interactive drop shadow yang merupakan subalat dari interactive effects tool untuk membuat efek bayangan dari objek gambar/teks.
Warna
Pilihan warna terdapat dalam kotak
warna. Namun, ada beberapa cara untuk memberi warna pada objek gambar/teks,
yaitu sebagai berikut:
- fill & outline: pada fasilitas toolbox, sistem menyediakan fill tool untuk mengatur isi objek gambar/teks. Sedangkan untuk mengatur garis pembentuknya, sistem menyediakan outline tool.
- eyedropper & paintbucket tool: eyedropper tool digunakan untuk mengambil spesifikasi warna atau atribut (properti, transformasi, dan efek) suatu objek gambar/teks. Setelah itu, gunakan paintbucket tool untuk menyalin data tersebut pada objek gambar/teks lainnya.
- smart fill: smart fill tool dapat mengisi warna pada sembarang bidang tertutup. Misalnya pada perpotongan suatu objek tertentu.
Objek
Artistik
Objek artistik dapat berupa teks atau
gambar. Dengan menggunakan alat tertentu, suatu objek teks/gambar dapat
terlihat berbeda dari biasa. Objek artistik terdiri dari:
- garis artistik (Objek Teks): teks yang artistik dapat dibuat melalui artistic media tool yang ada pada toolbox. Teks apapun dapat dibuat karena penggunaannya seperti menggambar atau menulis dengan bolpoin.
- garis artistik (objek gambar): gambar artistik yang dihasilkan melalui artistic media tool adalah seperti sketsa gambar. Penggunaannya sama dengan membuat garis artistik untuk objek teks.
- efek distorsi: CorelDRAW menyediakan interactive distort tool di dalam interactive effects tool. Efek distorsi dapat diaplikasikan untuk objek gambar/teks sehingga dapat terlihat lebih artistik.
- smudge brush (objek baru): melalui smudge brush tool, suatu sisi objek gambar dapat ditarik sehingga akan membentuk gambar yang baru sesuai dengan keinginan. Subalat ini dapat diakses melalui shape edit tool
D.
OPERASI DASAR CORELDRAW
1. Objek Garis
Pada sistem CorelDRAW
X4, objek garis dapat dibentuk melalui curve tool yang ada pada fasilitas
toolbox. Adapun subalat pada fasilitas curve tool berupa: Freehand tool:
alat ini digunakan untuk membentuk beragam garis lurus atau garis yang tidak
beraturan.
a. Bezier tool: alat ini digunakan untuk
membentuk beragam garis lurus dan garis yang tidak beraturan secara bersamaan.
b. Artistic media tool: alat ini digunakan
untuk membentuk berbagai objek garis artistik. Dalam menentukan bentuk garis
artistik tersebut, gunakan simbol yang ada di sisi kiri fasilitas property bar,
lalu tentukan spesifikasi konfigurasinya pada sisi kanannya.
c. Pen tool: pemakaian pen tool hampir
serupa dengan pemakaian bezier tool.
d. Polyline tool: pemakaian polyline tool
hampir sama dengan freehand tool.
e. Point curve tool: alat ini digunakan
untuk membentuk garis melingkar dengan mudah dan cepat.
f. Connector tool: alat ini digunakan
untuk menghubungkan beberapa objek gambar. Misalnya, membentuk garis penghubung
alur diagram.
Dimension tool: alat
ini digunakan untuk membentuk garis dimensi vertikal, horizontal, diagonal, dan
sebagainya. Untuk membentuk garis dimensi horizontal/vertikal secara otomatis,
gunakan simbol auto aimension tool yang terdapat di sisi kiri fasilitas
property bar ketika alat ini aktif.
2.
Objek Gambar
Di dalam CorelDRAW,
berbagai bentuk objek gambar dapat dibuat. Berikut ini merupakan fasilitas
toolbox yang berguna membentuk berbagai objek gambar:
a. Rectangle tool: alat ini dapat
digunakan untuk membentuk objek persegi panjang atau persegi.
b. Ellipse tool: alat ini digunakan untuk
membentuk objek lingkaran/elips.
c. Object tool: alat ini dapat
mempermudah/mempercepat proses pembentukan objek poligon, bintang, spiral, dan
tabel.
d. Perfect shape tool: alat ini digunakan
untuk membentuk berbagai objek gambar spesifik secara mudah dan cepat.
Misalnya, objek jajar genjang, balon, simbol diagram alur, panah, dan lain
sebagainya.
e. Table tool: alat ini dapat digunakan
untuk membuat tabel dalam format persegi atau persegi panjang. Tabel ini tidak
hanya dapat dimasukkan tulisan/teks, tetapi dapat juga dimasukkan gambar ke
dalamnya. Alat ini bisa digunakan untuk membuat kartu pos, brosur, dan
lain-lain.
f. Smart Drawing: menggambar pintar adalah
aplikasi baru yang ada pada CorelDRAW X4. Smart drawing tool yang ada pada
smart tool dapat digunakan untuk membentuk objek gambar dari sketsanya.
3.
Objek Teks
Objek teks merupakan
unsur yang paling sering digunakan pada rancangan grafis. Ada yang membuatnya
sebagai logo, teks artistik, bahkan mengubah objek teks menjadi objek gambar.
Objek teks dapat
dibuat melalui text tool yang terdapat pada toolbox. Setelah itu, objek teks
dapat diproses melalui pick tools. Objek teks dapat diproses sehingga membentuk
bayangan, menjadi format 3D, dan lain-lain.
4.
Objek 2D Menjadi 3D
CorelDRAW X4 memiliki
fasilitas untuk mengubah objek taks/gambar 2D menjadi 3D. Fasilitas yang dapat digunakan untuk
membentuk objek 2D menjadi 3D adalah sebagai berikut:
a.
a.Extrude:
pada fasilitas toolbox terdapat interactive extrude tool di dalam interactive
effects tool. Setelah diaktifkan, format 3D dapat diatur melalui bagian presets
yang ada pada fasilitas property bar.
b.
b.Bevel:
bevel merupakan subalat untuk membentuk sudut dari suatu objek gambar/teks.
Bevel akan muncul dalam property bar setelah mengaktifkan interactive extrude
tool.
c.
Contour:
fasilitas contour di dalam CorelDRAW X4 disediakan untuk membuat salinan dari
suatu objek gambar/teks ke bagian dalam/luarnya. Contour dapat digunakan untuk
menimbulkan efek 3D dari suatu objek gambar/teks dengan cara mengubah warna
sisinya.
d.
Gradasi
warna: gradasi warna dapat dibentuk menggunakan fill tool, interactive fill
tool, atau mesh fill.
e.
e.
Efek bayangan: CorelDRAW menyediakan interactive drop shadow yang
merupakan subalat dari
interactive effects tool untuk membuat efek
bayangan dari objek gambar/teks.
5.Warna
Pilihan warna terdapat dalam kotak warna. Namun, ada beberapa cara untuk memberi warna pada objek gambar/teks, yaitu sebagai berikut:
Pilihan warna terdapat dalam kotak warna. Namun, ada beberapa cara untuk memberi warna pada objek gambar/teks, yaitu sebagai berikut:
a. Fill & outline: pada fasilitas
toolbox, sistem menyediakan fill tool untuk mengatur isi objek gambar/teks.
Sedangkan untuk mengatur garis pembentuknya, sistem menyediakan outline tool.
b. Eyedropper & paintbucket tool:
eyedropper tool digunakan untuk mengambil spesifikasi warna atau atribut
(properti, transformasi, dan efek) suatu objek gambar/teks. Setelah itu,
gunakan paintbucket tool untuk menyalin data tersebut pada objek gambar/teks
lainnya.
c. Smart fill: smart fill tool dapat
mengisi warna pada sembarang bidang tertutup. Misalnya pada perpotongan suatu
objek tertentu.
6.
Objek Artistik
Objek artistik dapat
berupa teks atau gambar. Dengan menggunakan alat tertentu, suatu objek
teks/gambar dapat terlihat berbeda dari biasa. Objek artistik terdiri dari:
a. Garis artistik (Objek Teks): teks yang
artistik dapat dibuat melalui artistic media tool yang ada pada toolbox. Teks
apapun dapat dibuat karena penggunaanya seperti menggambar atau menulis dengan
bolpoin.
b. artistik (objek gambar): gambar
artistik yang dihasilkan melalui artistic media tool adalah seperti sketsa
gambar. Penggunaannya sama dengan membuat garis artistik untuk objek teks.
c. Efek distorsi: CorelDRAW menyediakan
interactive distort tool di dalam interactive effects tool. Efek distorsi dapat
diaplikasikan untuk objek gambar/teks sehingga dapat terlihat lebih artistik.
d. Smudge brush (objek baru): melalui
smudge brush tool, suatu sisi objek gambar dapat ditarik sehingga akan
membentuk gambar yang baru sesuai dengan keinginan. Subalat ini dapat diakses
melalui shape edit tool.
BAB III
PENUTUP
A.
KESIMPULAN
Dalam kemajuan teknologi software yang memiliki multi fungsi untuk semua
bidang. Seperti sofware coreldraw yang memiliki banyak fungsi. Coreldraw
merupakan salah satu aplikasi software atau perangkat lunak editor grafik
vektor yang dibuat oleh Corel untuk membuat sebuah karya seni profesional,
mulai dari yang simpel seperti logo sederhana hingga ilustrasi teknis yang
rumit atau kompleks dengan pemrosesan visual.
B.SARAN
Untuk
membantu kita dalam pembuatan grafis sebaiknya dipelajari cara pengoperasian coreldraw,
banyak sekali manfaat yang diperoleh dari operasi perangkat lunak coreldraw.
DAFTAR
PUSTAKA
Admin.2008.
Pengertian software (Perangkat Lunak) Komputer.(online), http://belajar-komputer-mu.com, diakses 15 Desember 2011.
Anynomous.Menjelaskan
artikel Coreldraw.(online), http://www.asian-brain.com diakses 18 Desember 2011.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar