Sabtu, 05 November 2016

RUANG LINGKUP BIOLOGI



MAKALAH
“RUANG LINGKUP BIOLOGI”




Disusun Oleh :
Kelompok 1
Ketua : Agung Setia Mulyana
Anggota :
Dede Permana
Gilang Septian
Marwansyah
Nindy. A
Shalas
Tikas. M
Kelas X 6

SMA NEGERI 1 RENGASDENGKLOK
TAHUN Ajaran 2015/ 2016
KATA PENGANTAR

Puji syukur senantiasa kami panjatkan kehadirat Tuhan yang Maha Esa,yang telah memberi karunia nikmat bagi umat-Nya.Atas Ridho-Nya kami dapat menyusun MAKALAH ini dengan sebaik- baiknya sehingga makalah ini dapat dibuat tepat pada waktunya. Makalah ini disusun secara ringkas sesuai dengan yang ada dibuku. Adapun isi dari ringkasan memuat tentang Struktur Kulit Manusia, dari berbagai sumber buku biologi. Kami menyadari bahwa kehadiran makalah kami ini tidak lepas dari kekurangan dan ketidak sempurnaan. Oleh karena itu. Kritik dan Saran yang membangun selalu kami harapkan sehingga kami nantinya dapat memperbaiki dan meningkatkan kualitas Makalah yang berikutnya.

Penyusun


DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR...................................................................................................... i
DAFTAR ISI.................................................................................................................... ii

BAB I PENDAHULUAN............................................................................................... 1
A.    Latar belakang...................................................................................................... 1
B.     Tujuan .................................................................................................................. 1

BAB II PEMBAHASAN................................................................................................ 2
A.    Pengertian Biologi................................................................................................ 2
B.     Obyek dan Permasalahan yang Dikaji dalam Biologi........................................... 3
C.     Tema Persoalan Dasar Yang Dikaji Dalam Biologi................................................
D.    Tingkat Organisasi Kehidupan...............................................................................
E.     Manfaat Perkembangan Biologi Bagi Kehidupa....................................................
F.      Bahaya Perkembangan Biologi Bagi Kehidupan ...................................................
G.    Ciri-ciri Biologi.......................................................................................................

BAB III PENUTUP......................................................................................................... 6
A.    Kesimpulan.............................................................................................................
B.     Saran.......................................................................................................................


BAB I
Pendahuluan

A.    Latar Belakang
Dengan adanya Makalah ini semoga dapat berguna untuk mengetahui pengetahuan mengenai susunan kulit, dan kelainan pada kulit . Dan betapa pentingnya jika kita dapat mengetahui lebih jelas pengertian tentang kulit . Semoga juga Makalah ini dapat menambah pengetahuan . Dari yang awalnya tidak tahu bisa menjadi tahu.

B.     Tujuan Penulisan
a)      Tujuan Utama Penulis dapat mampu menjelaskan apa itu Biologi.
b)      Tujuan Khusus
1.      Penuis mampu menjelaskan pengertian Biologi.
2.      Penulis mampu menjelaskan fungsi Biologi.


BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pengertian Biologi

Kata Biologi berasal dari bahasa Yunani yaitu 'bios' yang berarti hidup atau kehidupan dan 'logos' yang berati ilmu pengetahuan. Dari asal usul kata tersebut biologi bisa kita artikan sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang kehidupanan.

Penggunaan istilah biologi pertama kali tercatat pada tahun 1736 yaitu digunakan oleh Linnaeus dalam karyanya yang berjudul Bibliotheca Botanica. Namun pengkajian ilmu yang berkaitan tentang alam sudah terlebih dahulu ada sejak masa lampau. Ilmy yang mempelajari alam sudah ditemui di peradaban-peradaban besar seperti Mesir, China, dan India. Tetapi pendekatan ilmu yang mengkaji alam dan biologi modern berasal dari masa Yunani Kuno yang di pelopori oleh Aristoteles dan Hippocratus. 

B.    Obyek dan Permasalahan yang Dikaji dalam Biologi
Objek dan permasalahan yang dikaji dalam biologi adalah makhluk hidup beserta kehidupannya dan faktor2 pendukung kehidupannya.
Objek biologi meliputi seluruh makhluk hidup. Pada awalnya Biologi memiliki 3 ragam objek berupa kerajaan (kingdom), yaitu Plantae (dunia tumbuhan),Animalia (dunia hewan), dan protista. Sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, ragam objek biologi juga terus berkembang. Klasifikasi makhluk hidup yang semula dibagi 3 kingdom semenjak akhir abad ke-19 ragam objek Biologi berkambang menjadi 5 kingdom, yaitu Plantae, animalia,protista,dan fungi.
dalam perkembangan terakhir dunia makhluk hidup diklasifikasikan menjadi 6 kingdom, yaitu Plantae, Animalia,Protista,Fungi,Eubacteria,Archaebacteria
a)      Objek Biologi
Biologi mempelajari kehidupan pada beberapa tingkatan organisasi, yaitu:
1.      Molekul
Molekul adalah sekelompok atom (paling sedikit dua) yang berikatan dengan sangat kuat (kovalen) dalam susunan tertentu dan bermuatan netral.
Struktur dan fungsi molekul menyusun komponen2 pembentuk sel.
Contoh: molekul protein, fosfolipid, kolesterol, karbohidrat, air dan ion-ion lain merupakan komponen penyusun membran sel.
2.      Sel
Sel merupakan unit struktural dan fungsional terkecil dari kehidupan
3.      Jaringan
Jaringan yaitu Kumpulan dari beberapa sel yang mempunyai bentuk, susunan dan fungsi yang sama.
Contoh: Pada tumbuhan : jaringan parenkhim, epidermis, pengangkut xilem floem, jaringan tiang
Pada hewan : jaringan otot, jaringan epidermis, jaringan tulang, jaringan syaraf
4.      Organ
Organ adalah kumpulan dari beberapa jaringan yang berbeda dan menjalankan fungsi yang sama.
Contoh: Pada tumbuhan : akar, batang, daun, bunga, buah, biji
Pada hewan : hati, paru-paru, telinga, mata dll
5.      Sistem organ
Sistem organ adalah beberapa organ yang memiliki satu fungsi/kerja tertentu
Contoh: sistem peredaran darah, sistem pernafasan, sistem pencernaan dll.
6.      Individu
Individu merupakan organisme tunggal yang tersusun oleh kumpulan sistem organ
7.      Populasi
Populasi adalah kumpulan individu atau species yang sejenis yang menempati suatu habitat (tempat hidup) dan dalam waktu tertentu.
8.      Komunitas
Komunitas adalah berbagai jenis (species) makhluk hidup yang saling berinteraksi dan menempati lingkungan dalam waktu yang sama.
Contoh: komunitas kolam, komunitas sawah
9.      Ekosistem
Ekosistem adalah intraksi antara makhluk hidup yang berada di suatu wilayah tertentu (komunitas) dengan lingkungan abiotiknya. Ekosistem dibentuk oleh beberapa macam populasi yang berinteraksi dengan lingkungan tempat mereka hidup, atau interaksi (hubungan timbal balik) antara komponen biotik (MH) dengan komponen Abiotik (lingkungan).
10.  Bioma
Bioma merupakan satuan daerah daratan yang luas yang dibentuk oleh ekosistem dalam skala besar yang terjadi karena adanya interaksi iklim dengan keaneragaman makhluk hidup yang khas (yang dominan).
Contoh : Bioma tundra, bioma taiga, bioma hutan hujan tropis
 Tundra adalah daerah dengan suhu lingkungan rendah dan tanpa pohon. Pada area ini, mayoritas tumbuhan yang hidup biasanya berupa lumut, rerumputan,.Tundra biasanya hidup di daerah dingin.
Taiga adalah hutan yang terdiri atas satu spesies seperti konifer, pinus, dan sejenisnya(tumbuhan evergreen). Semak dan tumbuhan basah sedikit sekali, sedangkan hewannya antara lain moose, beruang hitam, beruang, rubah, serigala, ajax, dan burung-burung yang bermigrasi pada musim gugur. Taiga banyak ditemukan di belahan bumi utara, contohnya di Rusia dan Kanada. Bioma Taiga merupakan bioma terluas dari bioma-boma lain yang ada di bumi.
11.  Biosfer
Biosfer adalah bumi tempat tinggal makhluk hidup, merupakan tingkatan organisasi kehidupan yang paling tinggi.
b)     Permasalahan Biologi
Kehidupan manusia tidak terlepas dari permasalahan, diantaranya permasalahan yang berhubungan dengan biologi. Luasnya kajian ilmu biologi seperti disebutkan dalam tingkatan organisasi kehidupan menunjukkan bahwa permasalahan manusia yang berhubungan dengan biologi juga sangat luas.
C.    Tema Persoalan Dasar Yang Dikaji Dalam Biologi :
1.      Biologi (Sains) sebagai proses inkuiri
2.      Sejarah konsep biologi
3.      Evolusi
4.      Keanekaragaman dan keseragaman
5.      Genetika dan kelangsungan hidup
6.      Organisme dan lingkungan 
7.      Perilaku 
8.      Struktur dan fungsi
9.       Regulasi

D.   Tingkat Organisasi Kehidupan

berdasarkan tingkat organisasi kehidupan, objek Biologi merupakan kehidupan yang berbagai tingkat struktur yang dimulai dari tingkat organisasi yang paling sederhana hingga yang paling kompleks, yaitu mulai dari tingkat molekul,sel,jaringan,organ,sistem organ,individu/organisme,populasi, komunitas, ekosistem, dan bioma.

a.       Tingkat molekul
kajian Biologi pada tingkat molekul meliputi: berbagai jenis biomolekul yang menjadi penyusun tubuh makhluk hidup, misalnya air, protein, lemak, karbohidrat, vitamin, DNA, dan RNA

b.      Tingkat sel
kajian biologi pada tingkat sel meliputi: morfologi dan jenis sel, organ sel, fungsi sel, metabolisme sel, transportasi dalam sel, serta cara sel berproduksi.

c.       Tingkat jaringan
kajian biologi tingkat jaringan meliputi: macam jaringan, komponen jaringan, fungsi jaringan, komponen penyusun jaringan, serta pembentukan dan perkembangan jaringan.

d.      Tingkat organ
kajian biologi pada tingkat organ meliputi: jenis organ, penyusun organ, fungsi organ, perkembangan organ, transportsi organ, serta kelainan pada organ.

e.       Tingkat sistem organ
kajian biologi pada tingkat sistem organ meliputi: macam sitem, penyusun sitem, fungsi dari berbagai sitem, cara kerja sistem, dan kelainan pada sistem.

f.       Tingkat individu/organisme
kajian biologi pada tingkat individu meliputi: jenis individu, kedudukan individu dalam tingkat taksonomi, cara memperoleh makanan, cara bereproduksi, cara beradaptasi dan lain-lain.
g.      Tingkat Populasi
kajian biologi pada tingkat populasi meliputi perkambangan populasi, jumlah kelahiran (natalitas), jumlah kematian (moralitas), perpindahan (migrasi) dan kompetisi dalam populasi.

h.      Tingkat komunitas
kajian biologi pada tingkat komunitas meliputi: jenis populasi, kondisi lingkungan, hubungan timbal balik, interaksi antar makhluk hidup yang satu dengan yang lain, dan cara beradaptasi.

i.        Tingkat ekositem
kajian biologi pada tingkat ekosistem meliputi: jenis ekositem, komponen penyusun ekositem, hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungan, rantai makanan, jaring-jaring  makanan, dan aliran energi. serta pengaruh pencemaran terhadap organisme di dalam satu ekosistem dan karakteristik ekositem tercemar.
Ekosistem adalah suatu sistem ekologi yang terbentuk oleh hubungan timbal balik tak terpisahkan antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Tingkat ekosistem mengkaji tentang hubungan makhluk hidup dan benda mati di sekitarnya/lingkungannya

j.        Tingkat bioma
kajian biologi tingkat bioma meliputi: macam bioma, ciri-ciri bioma, ciri-ciri iklim yang mempengaruhi, serta tumbuhan dan hewan khas yang terdapat dalam bioma.


E.    Manfaat Perkembangan Biologi Bagi Kehidupan :

1.      Membantu dalam menemukan dan mengembangkan bahan kebutuhan pokok manusia, seperti bahan makanan, pakaian, peralatan dan perumahan serta energi.
2.      Menemukan berbagai penyebab dan pengobatan berbagai macam penyakit, baik pada manusia hewan, maupun tumbuhan
3.      Penemuan bibit unggul, baik hewan ternak maupun tanaman pertanian yang membantu menyelesaikan masalah pangan.
4.      Menyingkap rahasia proses-proses kehidupan, pewarisan sifat, dan gen sehingga dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari – hari.
5.      Mengkaji dan melestarikan seluk beluk lingkungan lebih dalam dengan tujuan untuk kelestarian kehidupan.
6.      Pengolahan limbah rumah tangga dan industri yang lebih ramah lingkungan dengan menggunakan organisme pengolah limbah yang telah ditemukan peneliti.

F.    Bahaya Perkembangan Biologi Bagi Kehidupan :

1.      Digunakan untuk senjata biologis. Bakteri dan virus yang mematikan dapat digunakan sebagai senjata biologis untuk memusnahkan manusia.
2.      Memunculkan organisme strain jahat. Dengan adanya rekayasa genetika, sifat – sifat makhluk hidup dapat diubah dengan mudah, termasuk menyisipkan gen jahat yang dapat digunakan untuk membunuh atau meneror manusia.
3.      Mengganggu keseimbangan lingkungan. Organisme baru hasil rekayasa manusia dikhawatirkan akan dapat memenangkan kompetisi dan menyingkirkan organisme yang telah ada di alam sehingga dapat menimbulkan ketidakseimbangan alam.
4.      Pelanggaran hukum dan nilai – nilai masyarakat. Misalnya ada seorang ibu yang hamil dengan teknik bayi tabung yang spermanya berasal dari bank sperma (tidak dari suaminya). Hal ini tentu akan nengaburkan status anak dan menimbulkan permasalahan di lain wa

G.   Ciri-ciri Biologi
  1. Objek kajiannya berupa benda yang konkret atau nyata secara langsungoleh alat indra atau dengan alat bantu.
  2. Bersifat Empiris, merupakan pengalaman-pengalaman yang dapat dilakukan atau dirasakan secara nyata.
  3. Diperoleh melalui langkah-langkah yang sistematis dan teratur yang dikenal dengan metode ilmiah.
  4. Bersifat Objektif, artinya cara memperoleh ilmu tersebut tidak dipengaruhi oleh unsur subyektivitas pelaku eksperimen.
  5. Cara mendapatkan  ilmu tersebut melalui berpikir secara logis dan benar.
  6. Hukum yang didapatkan bersifat universal. artinya jika hal tersebut dilakukan oleh siapa saja dan dimanapunakan mendapatkan hasil yang sama.


BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan

Berdasarkan pembahasan dari makalah “ Biologi” ini, maka dapat diperoleh kesimpulan sebagai berikut :
1.        Kata Biologi berasal dari bahasa Yunani yaitu 'bios' yang berarti hidup atau kehidupan dan 'logos' yang berati ilmu pengetahuan. Dari asal usul kata tersebut biologi bisa kita artikan sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang kehidupanan.
2.        Objek dan permasalahan yang dikaji dalam biologi adalah makhluk hidup beserta kehidupannya dan faktor2 pendukung kehidupannya.
3.        berdasarkan tingkat organisasi kehidupan, objek Biologi merupakan kehidupan yang berbagai tingkat struktur yang dimulai dari tingkat organisasi yang paling sederhana hingga yang paling kompleks, yaitu mulai dari tingkat molekul ,sel, jaringan, organ, sistem organ,individu/organisme,populasi, komunitas, ekosistem, dan bioma
4.        dan masih banyak lagi

B.     Saran
Adapun saran penulis kepada pembaca agar pembaca dapat mengetahui bahwa Biologi  penting bagi kehidupan kita.

            Selain dari pada itu, penulis memohon maaf apabila terdapat kesalahan karena kami masih dalam proses pembelajaran. Dan yang kami harapkan dengan adanya makalah ini,dapat menjadi wacana yang membuka pola pikir pembaca dan memberi saran yang sifatnya tersirat maupun tersurat.


DAFTAR PUSTAKA




Tidak ada komentar:

Posting Komentar